Monday, February 6, 2017

PENGERTIAN WEBSERVER DAN FUNGSINYA

  No comments
                                   Assalamuallaikum wr.wb

Hola guys sekarang siapa yang tahu tentang apa itu, web server ? dan kebetulan saya kali ini akan membahas tentang web server mulai dari pengertian dan fungsinya.. oke langsung saja cekidot..



 Web server merupakan satu alat yang digunakan sebagai server dan dapat digunakan untuk penyimpanan data mulai dari install web maupun situs dalam local web server contoh: Web Server Apache2 , XMPP ,dll.

 Web Server atau server web atau peladen web daoat merujuk baik pada perangkat keras ataupun perangkat lunak yang menyediakan layanan akses kepada pengguna melalui pritocol komunikasi HTTP atau HTTPS atas berkas-berkas yang terdapat pada suatu web dalam layanan ke pengguna dengan menggunakan aplikasi tertentu seperti peramban web.

                                               Fungsi Web Server :

Fungsi utama Server atau Web server adalah untuk melakukan atau akan mentransfer berkas permintaan pengguna melalui protokol komunikasi yang telah ditentukan sedemikian rupa.Halaman Web yang diminta terdiri dari berkas teks, video ,gambar, file dan banyak lagi.

 Salah satu contoh dari Web SErver adalah Apache.Apache (Apache web server - the HTTP server) merupakan web server yang paling digunakan di Internet. Program ini pertamakali di desain untuk sistem operasi lingkungan UNIX. Apache mempunyai program pendukung yang cukup banyak. Hal ini memberikan layanan yang cukup lengkap bagi penggunanya.

Beberapa dukungan Apache :

   1.Kontrol Akses ini dapat dijalankan berdasarkan nama host atau nomor IP CGI yan paling terkenal untuk digunakan apalah perl, didukung oleh Apache dengan menepatkan sebagai modul (mod_perl)

  2.PHP (Personal Home Page) program dengan metode semacam CGI, yang memproses teks dan bekerja di server.

Web server Apache mempunyai kelebihan dari beberapa pertimbangan di atas :

    1.Apache termasuk dalam kategori freeware.
    2.Apache mudah sekali proses instalasinya.
    3.Mampu beroperasi pada berbagai platform sistem operasi.
    4.Mudah mengatur konfigurasinya. Apache mempunyai hanya empat file konfigurasi.
    5.udah dalam menambahkan peripheral lainnya ke dalam platform web servernya.
  
Sumber Refrensi : - https://id.wikipedia.org/wiki/Server_web

Sekian semoga bermafaat ^_^

                                    Wassalamuallaikum wr.wb


No comments :

Post a Comment