Saturday, February 4, 2017

MACAM-MACAM PROTOCOL JARINGAN

  No comments
                                       Assalamuallaikum wr.wb

Hola teman kita bertemu lagi hehe dan di kesempatan kali ini saya akan membahas protocol  jaringan ??

  Apa itu protocol ? Protocol dalam ilmu komputer berarti seperangkat peraturan atau prosedur untik mengirimkan data antara perangkat elektronik.



  Agar Komputer satu dan omputer lain dapat mempertukarkan informasi, harus sudah ada persetujuan sebelumnya antar perangkat bagaimana struktur informasi dipertukarkan (dikirim dan diterima).

Macam-Macam Protocol Jaringan :

1.Protocol Ethernet
     ==>adalah yang paling banyak disebut CSMA/CD (Carier Sense Multiple Access/Collision Detection). Sistem ini menjelaskan bahwa setiap komputer memperhatikan ke dalam kabel dari network sebelum mengirimkan sesuatu ke dalamnya. Jika dalam jaringan tidak ada aktifitas atau bersih, komputer akan mentaransmisikan data, jika ada transmisi lai dalam kabel, komputer akan menunggu dan akan mencoba kembali transmisi jika jaringan telah bersih.

2.TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol)
   ==>adalah standard komunikasi data yang digunakan oleh komunitas internet dalam proses tukar-menukar data dari satu komputer ke komputer lain dalam jaringan internet. Protocol ini juga merupakan protocol yang paling banyak digunakan saat ini. Data tersebut diimplementasikan dalam bentuk perangkat lunak (software) di sistem operasi. Istilah yang diberikan kepada perangkat lunak ini adalah TCP/IP stack.

3.UDP (User Datagram Protocol)
  ==>adalah salah satu protocol lapisan transport TCP/IP yang mendukung komunikasi yang tidak andal (unreliable), tanpa koneksi (connectionless) antara host-host dalam jaringan yang menggunakan TCP/IP. Protocol ini didefinisikan dalam RFC 768.

4.ICMP (Internet Control Message Protocol)
   ==>adalah salah satu protokol inti dari keluarga. ICMP berbeda tujuan dengan TCP dan UDP dalam hal ICMP tidak digunakan secara langsung oleh aplikasi jaringan milik pengguna. salah satu pengecualian adalah aplikasi ping yang mengirim pesan ICMP Echo Request (dan menerima Echo Reply) untuk menentukan apakah komputer tujuan dapat dijangkau dan berapa lama paket yang dikirimkan dibalas oleh komputer tujuan. protokol internet. ICMP utamanya digunakan oleh sistem operasi komputer jaringan untuk mengirim pesan kesalahan yang menyatakan, sebagai contoh, bahwa komputer tujuan tidak bisa dijangkau.

5. IMAP (Internet Message Access Protocol)
  ==>adalah protocol standard untuk mengakses/mengambil e-mail dar server. IMAP memungkinkan pengguna memilih pesan e-mail yang akan ia ambil, membuat folder di server, mencari pesan e-mail tertentu,bahkan menghapus pesan e-mail yang ada. Kemapuan ini jauh lebih baik daripada POP (Post Office Protocol) yang hanya memperbolehkan kitab mengambil/download semua pesan yang ada tanpa kecuali.

6.HTTP (Hypertext Transfer Protocol)
  ==>adalah suatu protocol yang digunakan oleh WWW (World Wide Web). HTTP mendifinisikan bagaimana suatu pesan bisa diformat dan dikirimkan dari server ke client.HTTP juga mengatur aksi-aksi apa saja yang harus dilakukan ole web server dan juga web browser sebagai respon atas perintah-perintah yang ada pada protocol HTTP ini.

7. SSH (Sucure Shell)
  ==> adalah protocol jaringan yang memungkinkan pertukaran data secara aman antara dua komputer. SSH dapat digunakan untuk mengendalikan komputer dari jarak jauh mengirim file, membuat Tunnel yang terrenkripsi dan lain-lain. Protocol ini mempunyai kelebihan disbanding protocol yang sejenis seperti Telnet, FTP, Danrsh, karena SSH memiliki system Otentikasi,Otorisasi, dan ekripsinya sendiri. Dengan begitu keamanan sebuah sesi komunikasi melalui bantuan SSH ini menjadi lebih terjamin.

8. FTP ( File Transfer Protocol )
   ==> adalah sebuah protocol internet yang berjalan di dalam lapisan aplikasi yang merupakan standar untuk pentransferan berkas (file) computer antar mesin-mesin dalam sebuah internetwork. FTP atau protocol Transmission Control Protocol (TCP) untuk komunikasi data antara klien dan server, sehingga di antara kedua komponen tersebut akan dibuatlah sebuah sesi komunikasi sebelum transfer data dimulai.

9.SSL (Secure Socket Layer)
  ==>adalah argubaly internet yang paling banyak digunakan untuk enkripsi. Ditambah lagi , SSL digunakan tidak hanya keamanan koneksi web, tetapi untuk berbagai aplikasi yang memerlukan enkripsi jaringan end-to-end.

 Sekian semoga bermanfaat ^_^

                              Wassalamuallaikum wr.wb

No comments :

Post a Comment