Saturday, February 4, 2017

KONSEP JARINGAN KOMPUTER

  No comments
                                    Assalamuallaikum wr.wb

Holaa heh guys bertemu lagi dan artikel kali ini saya akan membahas tentang konsep jaringan komputer..



Pertama kita masuk ke .. Apa itu jaringan komputer ??
  Jaringan komputer adalah jaringan telekomunikasi yang memungkinkan antara komputer untuk saling bertukar data.Tujuan dari jaringan komputer adalah agar dapat mencapai tujuanya, setiap bagian dari jaringan komputer dapat meminta dan memberikan layanan (Service).

 Macam Jaingan terdiri dari internet sampai dengan internet.Internet sering disebut dengan jaringan privat karena jaringan ini dibuat untuk kepentingan local tidak di akses (publish) keluar. Sedangakan internet merupakan jaringan system global yang terdiri dari berbagai computer yang melayani keperluan miliyaran pengguana di seluruh dunia.

 Perangkat jaringan komputer terdiri dari :

1.   Modem

 Modem adalah sebuah device yang digunakan sebagai penghubung dari sebuah PC atau jaringan   ke Penyedia Layanan Internet (Internet Service Provider / ISP).


2. Switch-Hub
Switch dan Hub sebenarnya memiliki fungsi yang sama, karena dengan menggunakan salah satu diantaranya kita tetap bisa membuat Jaringan Komputer, tapi penggunaan Switch akan lebih cepat daripada Hub.
3. NIC (Network Interface Card)
Network Interface Card (NIC) adalah expansion boardyang digunakan supaya
komputer  dapat  dihubungkan  dengan  jaringan.  Sebagian  besar  NIC  dirancang  untuk jaringan,  protokol,  dan  media  tertentu.  NIC  biasa  disebut  dengan  LAN  card.
4. Repeater-Bridge
Bridge  adalah  peranti  yang  meneruskan  lalu  lintas  antara  segmen  jaringan berdasar  informasi  pada  lapisan  data  link.  Segmen  ini  mempunyai  alamat  lapisan jaringan  yang  sama.  Bridge  bekerja  dengan  mengenali alamat  MAC  asal  yang mentransmisi  data ke jaringan  dan  secara otomatis membangun  sebuah  table internal. Tabel  ini  berfungsi  untuk  menentukan  ke  segmen  mana paket  akan  di  route  dan menyediakan  kemampuan  filtering. Bridge  memmbagi  satu  buah  jaringan  besar kedalam  beberapa  jaringan  kecil.
Repeater bekerja pada level physical layer dalam model jaringan OSI. Repeater bertugas  meregenerasi  atau  memperkuat  sinyal-sinyal yang  masuk.  Pada  ethernet kualitas transmisi data hanya dapat bertahan dalam range waktu dan jangkauan terbatas, yang  selanjutnya  mengalami  degradasi.


5. Router
Router  adalah  perangkat  yang  berfungsi  menghubungkan  suatu  LAN  ke  suatu internetworking/WAN  dan  mengelola  penyaluran  lalu-lintas data  di  dalamnya.  Router akan  menentukan  jalur  terbaik  untuk  komunikasi  data.  Router  bekerja  pada  layer network dari model OSI untuk memindahkan paket-paket antar jaringan menggunakan alamat  logikanya.  Router  memliki  tabel  routing  yang melakukan  pencatatan  terhadap semua  alamat jaringan  yang  diketahui  dan  lintasan  yang  mungkin  dilalui  serta  waktu tempuhnya.  Router  bekerja  hanya  jika  protokol  jaringan  yang  dikonfigurasi  adalah protokol yang routable seperti TCP/IP atau IPX/SPX

6. Access Pant

 7. Antena
Antena (antenna atau areal) adalah perangkat yang berfungsi untuk memindahkan energi gelombang elektromagnetik dari media kabel ke udara atau sebaliknya dari udara ke media kabel.



8. Kabel (UTP, STP. Coaxial, Fiber Optic)
Kabel  adalah  saluran  yang  menghubungkan  antara  2  workstation  atau  lebih.

Sumber refrensi = -http://ritasukma.blogspot.co.id/2014/10/konsep-jaringan-komputer_11.html

                              -https://id.wikipedia.org/wiki/Jaringan_komputer

Sekian pembahasan kali ini semoga bermanfaat ^_^

                                               Wassalamuallaikum wr.wb

No comments :

Post a Comment