Saturday, February 11, 2017

KONFIGURASI VLAN ON DEBIAN ROUTER

  No comments
                                    Assalamuallaikum wr.wb



Holla teman bertemu lagi dengan saya .. Kali ini saya akan menjelaskan tentang konfigurasi vlan pada debian router. Oke langsung saja cekiduut.

1.Pengertian
 Virtual LAN atau disingkat VLAN merupakan sekelompok perangkat pada satu LAN atau lebih yang di konfigurasikan (menggunakan perangkat lunax pengolahan) sehingga dapat berkomunikasi seperti hal nya bila perangkat tersebut terhubung ke jalur yang sama, padahal sebenarnya perangkat tersebut berada pada sejumlah segmen LAN yang berbeda.

2.Latar Belakang
 Karena kita kekurangan alat dan barang kita menggunakan vlan untuk mengakses server.

3.Maksud dan Tujuan
 Masuk dan tujuan saya agar saya bisa mengakses server tanpa alat yang banyak karena sudah menggunakan vlan.

4.Alat dan Bahan
 -PC
 -Debian Router
 -Koneksi Internet
 -aplikasi vlan

5.Waktu Pengerjaan
 Waktu pengerjaan 15 menit

6.Tahap Pelaksanaan
                                      


Pertama kita masuk ke terminal dan remoote (masuk ke debian router)

 Selanjutnya kita install dulu vlan
   #apt-get install vlan

Setelah itu kita ketikan perintah :
 #nodprobe 8021q

Setelah itu kita ketik:
 echo "8031q">> /etc/modules
Selanjutnya kita masukan konfigurasi vlan dengan perintah :
#nano /etc/network/interfaces
 Lalu akan muncul tampilan
         
                     Kemudian kita ketikan :

            auto eth1.3060 inet static (eth1 adalah yang terhubung dengan proxmox)
                    iface eth1.3060 inet static
                    address 192.168.80.1
                    netmask 255.255.255.248
    "keterangan :
         -eth1 adalah yang terhubung dengan proxmox
         -3060 adalah vlan"
Lalu kita simpan (ctrl x + y + enter)

 Setelah disimpan kita restart network nya
  #/etc/init.d/networking restart

 Kemudian kita cek apakah eth yang kita konfigurasi tadi telah berubah:
  #ifconfig

7.Kesimpulan
 Saya bisa menginstall vlan dan seperti yang saya inginkan vlan dapat bekerja dengan harapan saya dan vlan banyak manfaat.

8.Sumber Refrensi
 -https://id.wikipedia.org/wiki/VLAN 

  Sekian Tutorial kal ini semoga bermanfaat
                                 Wassalamuallaikum wr.wb

No comments :

Post a Comment