Saturday, February 11, 2017

BLOKIR WEBSITE WITH SQUID ON DEBIAN ROUTER

  No comments
                                              Assalamuallaikum wr.wb



 Haloo teman bertemu lagi dengan saya dan pada kesempatan ini saya akan memberi tutor tentang cara block situs pada debian router .. Langsung saja cekidut...

1.Pengertian
 Server proxy adalah server yang (sistem komputer atau aplikasi) yang bertindak sebagai perantara untuk permintaan dari client mencari sumber daya dari server lain.

2.Latar Belakang 
 Proxy server juga dapat digunakan untuk mengamankan jaringan pribadi yang dihubungkan ke sebuah jaringan publik (seperti halnya Internet). Proxy server memiliki lebih banyak fungsi daripada router yang memiliki fitur packet filtering karena memang proxy server beroperasi pada level yang lebih tinggi dan memiliki kontrol yang lebih menyeluruh terhadap akses jaringan.

3.Maksud dan Tujuan
 Agar debian router yang saya konfigurasi digunakan untuk mengamankan jaringan pribadi yang di hubungkan ke sebuah jaringan publik.

4.Alat dan Bahan
  
5.Waktu Pengerjaan
6.Tahap Pelaksanaan
  Pertama remote debian router
  Terus kita pindah ke direktori squid dan buat folder bloki
#cd /etc/squid3/
#mkdir blokir/


Selanjutnya kita masuk ke menu squid.conf
 #nano /etc/squid3/squid.conf
  kita tuliskan perintah di bawah acl connect method connect:
                  acl local src 10.10.50.1/28  ==>" ini adalah ip debian router saya"
                  acl acl blokir dstdomain "/etc/squid3/blokir"
                  http_access deny blokir
                  acl lan src 10.10.50.0/28
                  http_access allow lan
                  http_access allow all
 Selanjutnya simpan . konfigurasi tersebut



 Selanjutnya masuk ke folder blokir


  Lalu kita edit (masukan) alamat situs yang kita blokir pada folder blokir contoh = "www.detik.com" ==  > selanjutnya simpan konfigurasi tersebut.

 Terakhir kita restart squid3 -nya
 #/etc/init.d/squid3 restart

Dan ini hasilnya :


7.Kesimpulan
  Saya dapat mengkonfigurasi dengan baik dan berjalan dengan yang saya inginkan.
 
8.Sumber Refrensi 
 -https://en.wikipedia.org/wiki/Proxy_server 

  Sekian tutor dari saya semoga bermanfaat ^_^

                                       wassalamuallaikum wr.wb


No comments :

Post a Comment