Sunday, January 8, 2017

HOW TOINSTALL FTP SERVER ON DEBIAN SERVER 8.6 JESSIE

  No comments
                                     Assalamuallaikum wr.wb

Hoolla sobat ... pada kesempatan ini saya akan memberi tutor tentang cara install ftp pada server


1.Pengertian
  FTP merupakan salah satu protokol Internet yang paling awal dikembangkan, dan masih digunakan hingga saat ini untuk melakukan pengunduhan (download) dan penggugahan (upload) berkas-berkas komputer antara klien FTP dan server FTP.

2.Latar Belakang
  Latar belakang saya menginstall ini agar saya di mudahkan untuk melakukan pengunduhan dan pengunggahan berkas-berkas komputer antara klien ftp dan server ftp

3.Maksud dan Tujuan
  Maksud dan tujuan saya agar saya dapat memahami dan menembah ilmu tentang ftp dan mempraktekanya.

4.Alat dan Bahan
 -PC
 -Akses Internet

5.Waktu pengerjaan
 Saya membutuhkan waktu penginstallan sekitar 10-15 menit

6.Tahap Pelaksanaan
 Pertama, Remote dulu server teman.

Kedua  install ftp dulu #apt-get install proftpd

Ketiga akan muncul dua pilihan yaitu “from inetd” dan “standalone” silahkan pilih standalone, dengan mekan enter

Selanjutnya masuk ke konfig ftp dengan perintah di bawah ini:
Dan isikan  ==>  <Anonymous /home/aku/>
                              User aku
                             </Anonymous>
 Setelah selesai simpan dengan ctrl+o => y => enter

Tambahkan user #adduser namatemanyangdiisikantadi

Kita restart ftp kita :

Sekarang cek di browser teman ex: ftp://ip_address teman
Dan hasilnya seperti berikut:

7.Kesimpulan
 Saya berhasil menginstall ftp walaupun pas pertama saya menemui kesalahan saat saya lupa memberi repository.Untuk teman yang akan mencoba install silahkan tambahkan repo teman di #nano /etc/apt/source.list dan letakkan paling bawah serta diseble semua perintah atau baris konfig nya dengan menambah # di baris paling depan kecuali jangan diseble repo teman.

8.Sumber Refrensi 
 -Buku Konfigurasi DEBIAN Server BLC TELKOM

 Sekian tutor saya kali ini sampai jumpa lagi ........  Semoga bermanfaat ^_^
   
                                           Wassalamuallaikum wr.wb


No comments :

Post a Comment