Thursday, November 17, 2016

WIRELESS REPEATER

  No comments
                                          Assalamuallaikum wr.wb

  Haaii teman kali ini saya akan membagi tutor tentang cara membuat wireless repeater pada mikrotik.



1.Pengertian
 Wireless repeater adalah sebuah repeater nirkabel (juga disebut range extender nirkabel) mengambil sinyal yang ada dari router nirkabel atau titik akses nirkabel dan menyiarkan ulang untuk menciptakan jaringan kedua.

2.Latar belakang
  Latar belakang saya agar saya dapat meneruskan wifi yang semula jarak pendek saya teruskan menjadi jarak panjang.

3.Maksud dan Tujuan
  Maksud saya agar saya dapat mengerti apa itu repeater dan cara penerapan-nya,Tujuan saya agar saya dapat meneruskan wifi menjadi luas.

4.Alat dan bahan
 -PC
 -Router mikrotik versi 951 keatas
 -ISP

5.Waktu Pengerjaan
 Saya membutuhkan waktu sekitar 30-45 menit

6.Tahap pelaksanaan
 Pertama buka dulu winbox teman yang sudah terhubung ke mikrotik,masuk ke menu interfaces dan aktivkan wireles (klik centang)

Selanjutnya masuk menu wireless dan masuk ke tab security profil dan,klik tanda (+) pilih wlan1 dan isikan password yang nanti akan kita tembak (target) - aply - oke

Terus masuk ke menu atau tab wireless kita pili mode: station dan selnjutnya kita pilih menu scan untuk menscan AP target.

Pilih AP target anda klik dan connect.

Kita pilih security profil yang telah kita isikan tadi pada menu security profile.

Terus kita masuk ke tab ip - dhcp client dan isikan wlan1 pada interfaces nya apply - oke

Selanjutnya kita masuk ke tab wireless klik tanda (+) - virtual masuk ke wireless dan plih mode:ap bridge dan isi kan ssid terserah teman.

Setelah itu masuk ke menu ip klik address klik tanda (+) isikan ip terserah teman dan pilih wlan1 pada interfaces nya.

 Selanjutnya kita ke tab Bridge klik tanda (+) dan apply - oke

Terus masuk ke tab ports klik tanda (+) dan kita isikan interface:wlan1 apply - oke ,.. dan lakukan seperti itu pada wlan2 nya. apply - oke

Terakhir kita ke tab ip - dhcp server kita klik dhcp stup dan pilih interface brid1 terus next-next sampe selesai.

Selamat mencoba ..

7.Kesimpulan
 Saya dapat melakukan dengan benar dan dapat di terapkan

8.Sumber Refrensi
   -Teman saya

 Sekian dari saya semoga bermanfaat ^_^

                                Wassalamuallaikum wr.wb
   

No comments :

Post a Comment