Tuesday, December 27, 2016

INSTALL W3Schools ON LINUX MINT 18

  No comments
                                                        Assalamuallaikum wr.wb

Hello .. teman kali ini saya akan menjelaskan atu memaparkan tentang apa itu w3schools beserta cara installasi nya !!

 Okwee langsung saja ......
 1.Pengertian
  W3Schools adalah situs web developer informasi, dengan tutorial dan referensi yang berkaitan dengan topik pengembangan web seperti HTML, CSS, JavaScript, PHP, SQL, dan JQuery.
Situs ini mendapatkan namanya dari singkatan untuk World Wide Web; W3 adalah numeronym dari WWW. W3Schools tidak berafiliasi dengan W3C.
Hal ini dibuat dan dimiliki oleh Refsnes data, pengembangan perangkat lunak milik keluarga Norwegia dan perusahaan konsultan.

2.Latar Belakang 
   Latar belakang saya menginstall w3schools agar saya mengetahui atau dapat mempelajari bahasa pemrograman seperi:css,java script,php,sql dll.


3.Maksud dan Tujuan
  Maksud saya agar saya dapat memahami beberapa bahasa pemrograman dan Tujuan saya saya akan membuat dan memodifikasi website.

4.Jangka Waktu pengerjaan
  Saya membutuhkan waktu kurang lebih sekitar 10 menit waktu pengerjaan.


5.Alat dan Bahan
 Alat yang di butuhkan :
-PC
-Akses internet
-File w3schools download di sini dan cari w3schools

6.Tahap Pelaksanaan 
 Pertama buka terminal teman dan masuk ke root
 
  Setelah masuk ke direktori Downloads 
#cd Downloads
  Kita ketikan ls untuk melihat isi direktori
#ls

  Terus kita copy file w3s tadi ke html
 #cp namafilew3s /var/www/html/

  Setelah berhasil di copy kita masuk ke direktori html  
#cd /var/www/html/
  Kita cek pada #ls apakah file yang kita copy tadi sudah ada

  Selanjutnya kita unzip file w3s tadi
#unzip namafilew3s
  Kita tunggu proses inzip selesai

  Now kita ganti nama file w3s tadi agar lebih mudah
 #mv namafilew3sdulu namaw3sbaru (jangan lupa kalo mengetik disertai   tab)

  Selanjutnya kita masuk ke direktori w3schools  
#cd w3schools/

  Dan terus kita edit infophp dengan  
#nano /var/www/html/info.php

  Kita tambahkan scrip seperti gambar ini :

  Setelah selesai dan telah disimpan kita restart apache2

  Selanjutnya kita pindah ke direktori html dan kita beri akses seperti gambar ini

  Dan saatnya buka webrowser anda localhost/w3schools/

 7.Kesimpulan
   Saya dapat menginstall dan dapat mempelajari serta mempraktekan w3schools itu.

 8. Sumber Refrensi
  - https://id.wikipedia.org/wiki/W3Schools
       
          Semoga Bermanfaat ^_^ 
                                  Wassalamuallaikum wr.wb

No comments :

Post a Comment