Monday, January 2, 2017

INSTALL SLiMS Akasia

  No comments
                                            Assalamuallaikum wr.wb

 Selamat pagi-sore-malam teman......
Bertemu lagi dengan saya riki dalam channel riki_zone == terrererereng ..wkwkw

 Kali ini saya akan menjelaskan tentang apa itu slims dan cara installasi nya pada local (pc) ..langsung saja



1.Pengertian 
  Senayan, atau lengkapnya Senayan Library Management System (SLiMS), adalah perangkat lunak sistem manajemen perpustakaan (library management system) sumber terbuka yang dilisensikan di bawah GPL v3. Aplikasi web yang dikembangkan oleh tim dari Pusat Informasi dan Humas Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia ini dibangun dengan menggunakan PHP, basis data MySQL, dan pengontrol versi Git. Pada tahun 2009, Senayan memenangi INAICTA 2009 untuk kategori open source.

2.Latar Belakang
  Saya akan membuat perpustakaan online

3.Maksud dan Tujuan
  Dengan adanya slims saya dapat membuat virtual perpuatakaan online dan tujuan akan mengembangkan slims menjadi website yang dapat di kunjungi oleh banyak orang.

4.Alat dan Bahan
 -PC
 -Akses Internet
 -File SLiMS Download disini

5.Waktu Pengerjaan 
  Saya membutuhkan waktu installasi 7-10 menit.

6.Tahap Pelaksanaan
 Pertama kita download file slims
 Sesudah di download kita masuk ke terminal dan masuk ke direktori Downloads dan cek apakah file slims sudah ada kalo sudah ada kita copy ke html
 #cp namafileslims var/www/html/

 Setelah di copy kita masuk ke direktori html
#cd /var/www/html/

 Terus kita ganti nama file nya menjadi slims8_akasia
 #mv namafile namagantifile

 Langsung kita masuk ke direktori slims8_akasia
  #cd namafile/

 Kita beri hak akses
  #chown -R www-data:www-data /var/www/html/namafile/

 Terus teman masuk ke browser dan membuat database untuk slims ex:localhost/phpmyadmin

 Sesudah membuat database kita ketikan di url ex: localhost/slims8_akasia

 Pilih let's start the installation
 Dan ikuti saja perintah nya teman.

7.Kesimpulan
 Saya dapat mengetahui tentang slims dan cara installasinya.


8.Sumber Refrensi
 -https://id.wikipedia.org/wiki/Senayan_(perangkat_lunak)

 Sekian Tutor dari saya tentang SLiMS semoga bermanfaat ^_^

                               Wassalamuallaikum wr.wb

No comments :

Post a Comment