Friday, December 23, 2016

INSTALL Radio Streaming Server (Icecast2) on DEBIAN 8 Server

  No comments
                                              Assalamuallaikum wr.wb

Bertemu lagi diblog saya sekarang kita akan mengoprex apa itu Icecast2 ??



1.Pengertian
  Icecast adalah server media streaming yang saat ini mendukung Ogg (Vorbis dan Theora), Opus, WebM dan MP3 audio stream. Hal ini dapat digunakan untuk membuat stasiun radio internet atau jukebox berjalan pribadi dan banyak hal di antaranya. Hal ini sangat serbaguna dalam bahwa format baru dapat ditambahkan relatif mudah dan mendukung standar terbuka untuk komunikasi dan interaksi.

2.Latar Belakang
  Latar belakang saya membuat icecast2 adalah saya ingin mendengarkan radio agar tidak bosan belajar dengan kesunian.

3.Maksud dan Tujuan 
  Karena saya ingin membuat channel radio di server saya dan yang mengakses server saya agar tidak bosan.

4.Alat dan Bahan
  - Pc
  -Akses internet
  -Lamp


5.Jangka Waktu
  Saya menghabiskan waktu sekitar 25-35 menit tergantung pemahaman teman.


6.Tahap Pelaksanaan
 Pertama kita remote server kita #ssh nama_user@ip_address 

Selanjutnya kitaicecast2  #apt-get install icecast2

Setelah itu akan ada tampilan seperti ini ==> kiita yes aja

 Selanjutnya kitaisikan hostname saya menggunakan hostname (aditia)

Terus kita isikan password


     Tunggu sampai proses selesai

Kita sekarang akan kofigurasi 2 file pada  radio server, yaitu “/etc/icecast2/icecast.xml” dan “/etc/default/icecast2“.Untuk menkonfigurasi /etc/icecast2/icecast.xml sekarang kita beri perintah #nano /etc/icecast2/icecast.xml

  Kemudian akan muncul tampilan seperti ini :: ikuti saja gambar saya tapi sesuaikan dengan password anda. Jika sudah simpan denga n menekan ctrl+o dab ctrl+x.

Kemudian kita sett /etc/default/icecast2 dengan perintah #nano /etc/default/icecast2

  Pada perintah ini kita ganti ENABLE dengan false menjadi true simpan ctrl+o dan ctrl+x

  Lalu kita restart #/etc/init.d/icecast2 restart

  Lalu kita tuliskan alamat ip address server teman dalam url contoh:192.168.85.2:8000

  Selanjutnya kita install mixx libportaudio2 #apt-get install mixxx libportaudio2

Selanjutnya kita masuk lagi ke web icecast tadi pasti hasil berbeda :
 Inilah tampilan Preferences untuk default.

  Ini adalah tampilan konfig suksesfull
 

               Dan selamat mendengarkan
7.Kesimpulan
 Saya berhasil menginstall walaupun terdapat troubel lumayan karena saya kurang hati-hati.

8.Sumber Refrensi
   - http://dennyblctelkom.blogspot.co.id/2015/08/radio-streaming-server-icecast2-on.html

=== sekian tutor dari saya semoga bermanfaat

                                       Wassalamuallaikum wr.wb

No comments :

Post a Comment