Saturday, December 31, 2016

PERBEDAAN DOMAIN DENGAN SUBDOMAIN

  No comments
                                        Assalamuallaikum wr.wb

Hallooaaa teman saya disini akan menerangkan tentang apa itu perbedaan Domain dan SubDomain ..?

Apa bedanya domain dengan Subdomain?

 

 Yang namanya subdomain tidak lepas dari domain. Itu karena subdomain merupakan bagian dari domain, biasanya subdomain di gunakan sebagai pembagian area dari sebuah situs atau website. Contohnya untuk area utama sebuah website adalah "webutama.com", dan untuk area pelanggan atau anggota website tersebut menggunakan subdomain "my.webutama.com".

Dari contoh di atas juga menyimpulkan bahwa "subdomain adalah bagian dari induk domain, dan berada di depan domain di pisahkan oleh titik". Jadi, kata "my" pada "my.webutama.com" adalah subdomain, sedangkan "webutama.com" adalah induk atau domainnya.

Di atas saya sudah menjelaskan bahwa setiap negara memiliki domainnya masing-masing. Di Indonesia memiliki domain .id yang menjadi domain kode negara sejak 1 September 2005. Namun, sebenarnya dari domain .id ini di bagi lagi menjadi beberapa subdomain. Berikut daftar subdomain dari .id yang di dapat dari sumber wikipedia :

.or.id di gunakan untuk organisasi.
.co.id di gunakan untuk komersial.
.go.id di gunakan untuk pemerintahan (khusus untuk pemerintahan dan harus ada izin dari pemerintahan yang bersangkutan).
.ac.id di gunakan untuk pndidikan seperti universitas.
.sch.id di gunakan untuk sekolah dasar.
.net.id di gunakan untuk internet provider.
.web.id di gunakan untuk umum

Menurut Wikipedia, domain adalah nama unik yang di berikan untuk mengidentifikasi nama server komputer seperti web server atau email server di jaringan komputer ataupun internet. Nama domain berfungsi untuk mempermudah pengguna di internet pada saat melakukan akses ke server, Selain juga di pakai untuk mengingat nama server yang di kunjungi tanpa harus mengenal deretan angka yang rumit yang di kenal sebagai alamat IP. Nama domain juga di kenal sebagai sebuah kesatuan dari sebuah situs web seperti contohnya "wikipedia.org". Nama domain juga kadang-kadang di sebut pula dengan istilah URL, atau alamat website.

Jadi, saat kita mengakses suatu situs atau website, maka kita harus mengetahui alamat IP server tempat web tersebut di simpan. Alamat IP itu berupa deretan beberapa angka yang berfungsi untuk mengakses suatu website. Contoh alamat IP itu seperti 180.214.432.4, dan seandainya kita mengakses nomor-nomor tersebut pada addres bar di penjelajah web, maka kita bisa langsung menuju website pemilik alamat IP tersebut. Singkatnya jika sebuah website di ibaratkan rumah, maka alamat IP ini adalah jalan menuju rumah itu.

Sedangkan SubDomain, Subdomain adalah bagian dari sebuah nama domain induk. Subdomain umumnya mengacu ke suatu alamat fisik di sebuah situs contohnya: wikipedia.org merupakan sebuah domain induk. Sedangkan id.wikipedia.org merupakan sebuah sub domain. Biasanya, subdomain ada di depan domain dan dipisah dengan titik, seperti id.wikipedia.org. id merupakan subdomain wikipedia, sedangkan wikipedia itu sendiri adalah domain induk. Subdomain juga sebagai Third level domain.Subdomain adalah bagian dari sebuah nama domain induk. Subdomain umumnya mengacu ke suatu alamat fisik di sebuah situs contohnya: wikipedia.org merupakan sebuah domain induk. Sedangkan id.wikipedia.org merupakan sebuah sub domain. Biasanya, subdomain ada di depan domain dan dipisah dengan titik, seperti id.wikipedia.org. id merupakan subdomain wikipedia, sedangkan wikipedia itu sendiri adalah domain induk. Subdomain juga sebagai Third level domain.

 Sumber Refrensi 
 -https://id.wikipedia.org/wiki/Subdomain

 -http://bloggooglingan.blogspot.co.id/2015/12/pengertian-domain-dan-subdomain-beserta-contohnya.html

Sekian penjelasan kali ini semoga menambah wawasan teman ^_^

                                Wassalamuallaikum wr.wb

No comments :

Post a Comment