Wednesday, November 16, 2016

Manajemen banwidth degan Queques

  No comments
                                                            Assalamualaikum wr.wb

Helo teman bertemu lagi dengan saya dan kali ini saya akan membahas membatasi banwidth dengan simple queque pada mikrotik




1.Pengertian

Manajemen bandwidth adalah proses mengukur dan mengendalikan komunikasi (lalu lintas, paket) pada link jaringan, untuk menghindari mengisi link ke kapasitas atau overfilling link, yang akan menghasilkan kemacetan jaringan dan kinerja yang buruk dari jaringan. manajemen bandwidth diukur dalam bit per detik (bit / s) atau byte per detik (B / s).
Ada dua macam queue pada mikrotik : 

1. Simple Queue : merupakan cara termudah untuk melakukan management bandwidth yang diterapkan pada jaringan skala kecil sampai menengah untuk mengatur pemakaian bandwidth upload dan download tiap user.

2. Queue Tree : untuk mengimplementasik
Manajemen bandwidth adalah proses mengukur dan mengendalikan komunikasi (lalu lintas, paket) pada link jaringan, untuk menghindari mengisi link ke kapasitas atau overfilling link, yang akan menghasilkan kemacetan jaringan dan kinerja yang buruk dari jaringan. manajemen bandwidth diukur dalam bit per detik (bit / s) atau byte per detik (B / s).
Ada dua macam queue pada mikrotik : 
1. Simple Queue : merupakan cara termudah untuk melakukan management bandwidth yang diterapkan pada jaringan skala kecil sampai menengah untuk mengatur pemakaian bandwidth upload dan download tiap user.
2. Queue Tree : untuk mengimplementasikan fungsi yang lebih komplex dalam limit bandwidth pada mikrotik dimana penggunaan packet mark nya memiliki fungsi yang lebih baik. Digunakan untuk membatasi satu arah koneksi saja baik itu download maupun upload. Secara umum Queue Tree ini tidak terlihat berbeda dari Simple Queue. 
an fungsi yang lebih komplex dalam limit bandwidth pada mikrotik dimana penggunaan packet mark nya memiliki fungsi yang lebih baik. Digunakan untuk membatasi satu arah koneksi saja baik itu download maupun upload. Secara umum Queue Tree ini tidak terlihat berbeda dari Simple Queue. 


2.Latar Belakang

merupakan cara termudah untuk melakukan management bandwidth yang diterapkan pada jaringan skala kecil sampai menengah untuk mengatur pemakaian bandwidth upload dan download tiap user.

3.Maksud dan Tujuan

Maksud dan Tujuan saya , saya ingin membatasi banwidth pada akses internet saya.

4.Alat dan Bahan
-PC
-Mikrotik
-Akses Internet

5.Waktu Pengerjaan

Saya membutuhkan waktu sekitar 10 menit

6.Tahap Plaksanaan

  Pertama masuk ke winbox dulu


Selanjutnya masuk ke Queques > Simple Queques > klik (+) add


Isikan sesui keinginan anda seperti gambar di bawah ini :


Setelah itu simpan dan akan muncul tampilan queque yang telah di konfigurasi tadi


7.Kesimpulan

Dengan adanya manajemen banwidth  Queques kita dapat melimit banwidth sesui keinginan kita. 

8.Sumber Refrensi

Sekian semoga bermanfaat ^_^ 

                                                       Wassalamuallaikum wr.wb

No comments :

Post a Comment